Guru Tamu dari Negaranya Cristiano Ronaldo

Jurnalis Mugaru/ Agustus 14, 2018/ Berita, SMPMugaru

Ines Estrela adalah guru tamu dari Portugal, Dia datang ke SMP Muhammadiyah 3 Waru untuk berbagi pengalamanya yang telah berkeliling dunia dan tentunya membantu siswa-siswa kelas Bilingual lebih percaya diri dalam berbicara bahasa internasional yaitu Inggris. Dia (Ines) adalah mahasiswa jurusan Ekonomi di salah satu universitas Porto, Portugal. Tujuanya ke Indonesia adalah menambah pengalamanya dan berbagi wawasan kepada anak-anak di negara berkembang seperti Indonesia, Thailand dan Filiphina. Dia mengikuti program Volunteer (Sukarelawan) dari organisasi pemuda internasional AISEC tujuanya ke Indonesia, Thailand dan Filiphina selama 6 minggu di setiap negara tersebut.

Di Indonesia sendiri dia telah datang sejak tanggal 6 Agustus 2018, “Saya telah menempuh perjalanan selama 2 hari dari Portugal ke Indonesia, penjalanan yang cukup melelahkan.” cerita dia ke siswa kelas 7a. Saat di SMP Muhammadiyah 3 Waru memang dia hanya masuk ke kelas bilingual yaitu kelas 7A, 8A dan 9A dikarenakan ini adalah salah satu program kegiatan unggulan kelas bilingual. Kelas yang pertama dia datangi adalah kelas 9A di kelas ini dia cukup senang atas pertanyaan-pertanyaan kritis dari siswa kelas 9A mengenai penyakit LGBT yang melanda Eropa. Ines mengakui bahwa memang hal semacam tersebut menjamur di Eropa bahkan pernikahan sesama jenis sudah disahkan, “Semuanya kembali ke pribadi masing-masing, apakah dia lebih percaya Agama atau pendapat tentang hak asasi manusia mereka.”Terang Ines. Dari pernyataan yang ia berikan itu terlihat dia sendiri sangat tidak nyaman dengan keberadaan orang-orang seperti itu di negaranya.

Selepas di kelas 9A Ines melanjutkan ke kelas 7A, kelas paling junior di Bilingual, Namun di kelas ini justru Ines lebih bersemangat melihat antunsiasnya anak-anak kelas 7A untuk mengetahui dunia barat dari pendidikan, iklim, budaya dan makanan yang ada disana. Ini adalah kesempatan pertama mereka berbicara dengan orang asing selama menjadi siswa Mugaru, namun tidak ada rasa canggung ataupun takut di raut muka mereka. Bahkan mereka berani meminta Ines untuk menyanyikan lagu kesukaanya. Suasana berbeda di kelas 8A dikelas ini lebih cenderung yang aktif siswa putra, dan mereka berhasil membuat Ines menyanyikan lagu kesukaanya bersama-sama.

“Ini adalah kegiatan rutin untuk kelas Bilingual dan akan ada lagi beberapa bulan kedepan.” Terang bu Arumtyas selaku koordinator kelas bilingual di SMP Muhammadiyah 3 Waru. Kerjasama dengan beberapa pihak seperti Sekolah sesama pengguna English Proficiency Program (EPP) dalam hal ini SMP Muhammadiyah 2 Taman, SMA Muhammadiyah 1 Taman, SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dan beberapa universitas yang memiliki mahasiswa asing akan terus dijalin guna memantapkan kepercayaan diri serta kemampuan berbicara bahasa inggris.

Guru Tamu dari Portugal

Picture 1 of 16