Kurban Tanda Cinta

Jurnalis Mugaru/ Agustus 28, 2018/ Berita

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia dan Arab Saudi berbeda dalam penetapan Idul Adha 1439 H tahun ini, di Arab Saudi melaksanakan Idul Adha 1439 H pada tanggal 22 Agustus 2018 sedangkan di Indonesia melalui sidang isbat menetapkan Idul Adha 1439 H di Indonesia tanggal 23 Agustus 2018. Hal ini sudah jauh hari telah ditetapkan oleh Muhammadiyah, berdasarkan ilmu perhitungan yang dimiliki Muhammadiyah, telah menetapkan Idul Adha 1439 H sejak jauh-jauh hari dan semua amal usaha Muhamamdiyah dibawahnya mengikuti penetapan tersebut tidak terkecuali SMP Muhammadiyah 3 Waru. Bahkan di kalender sekolahpun dibuat berdasarkan kalender pendidikan dan kalender khusus Muhammadiyah.

Terlepas dari perbedaan itu tidak membuat semangat berkurban umat muslim di Indonesia turun, karena mayoritas sekarang sudah paham terkait dengan metode perhitungan yang digunakan masing-masing lembaga. Di SMP Muhammadiyah 3 Waru sendiri mengadakan kurban tahun ini secara bersama dengan SD Muhammadiyah 1 Waru, setiap tahunya memang selalu dilakukan bersama, meskipun sekarang sudah berbeda tempat atau gedung namun untuk agenda kurban akan tetap dilakukan bersama terus.

Secara keseluruhan Perguruan Muhammadiyah Waru mengkurbankan 5 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Hewan-hewan kurban ini berasal dari sumbangan siswa-siswa SD-SMP Muhammadiyah Waru dan donatur. Penyembelihan hewan kurban di Perguruan Muhammadiyah Waru ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 Agustus 2018, dibantu oleh IPM Mugaru dan Takmir Masjid Mugaru. Ada sekitar 40 siswa dari Takmir dan IPM ini saat membantu proses penyembelihan hewan kurban dan ini sangat membantu, prosesnya sangat cepat karena tenaganya cukup banyak sehingga dari proses penyembelihan dan pembagian berjalan sesuai dengan rencana. Kurban kita tanda cinta, cinta kepada Allah dan cinta kepada sesama.