Lomba Hias Tumpeng

Jurnalis Mugaru/ Agustus 27, 2018/ Berita

20 Agustus 2018 SMP Muhammadiyah 3 Waru melaksanakan kegiatan Lomba yang tidak biasa, itu adalah lomba hias tumpeng. Lomba ini beregu dari tiap-tiap kelas membawa tumpeng yang sudah jadi ke sekolah lalu di hias bersama-sama. Lomba ini sebenarnya bukan hanya untuk memperingati hari ulang tahun republik Indonesia yang ke 73 saja namun pada hari itu juga bertepatan Milad Muhammadiyah yang ke 109. Tema yang ditetapkanpun tidak jauh dari HUT RI 73 dan Milad Muhammadiyah 109, Namun saat ini juga Indonesia sedang merayakan pesta olahraga terbesar di Asia yaitu Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang tentu akan ada penilaian tambahan jika memasukkan unsur itu dalam hiasan tumpengnya.

Lomba dimulai dengan jalan sehat di sekitar desa Kureksari, dalam hal ini tim dibagi dua ada yang ikut jalan sehat ada yang menetap untuk menghias tumpengnya. Hampir semua kelas telah menyiapkan semua pernak pernik hiasan mereka dari rumah sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menghias si tumpeng. Setelah itu para juri yang terdiri dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Waru, Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Waru dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sidoarjo melakukan penilaian ke seluruh tumpeng yang ada.

Penilaian ini di fokuskan pada Kreatifitas Hiasan,Tema, Rasa Tumpeng, dan Kebersihan tempat penyajian. Para Juri menilai bahwa hampir semuanya bagus dan bersih saat penyajian yang membuat istimewah dari beberapa tumpeng adalah tema dan hiasanya. Dari kurang lebih 24 tumpeng yang di lombakan kelas 8B dan 7A keluar sebagai juara 1 dan 2.”Untuk kelas ini (8B) temanya komplit, ada unsur HUT RI, ada Unsur Milad Muhammadiyahnya di tambah lagi unsur Asian Gamesnya. jadi sangat rame tapi satu padu menunjukkan Indonesia saat ini.” jelas Pak Sami’an juri dari PDM Sidoarjo.

Kegiatan ini memang masih dalam serangkaian kegiatan dalam peringatan HUT RI ke 73 dan merupakan puncak dari sejumlah kegiatan yang digelar di sekolah dalam rangka Milad Muhammadiyah ke-109, Peringatan HUT RI ke-73, dan kegiatan untuk turut menyemarakkan Asian Games. Berbagai lomba, jalan sehat, dan sejumlah kegiatan telah usai digelar tak jauh beda dengan tahun-tahun sebelumnya.”Yang beda hanya lomba tumpeng ini. Baru tahun ini digelar,” ungkap Moch Wahyudi, Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 3 Waru.

Kegiatan ini digelar juga untuk mengenalkan siswa tentang bagaimana bermuhammadiyah yang baik, serta untuk menumbuhkan rasa nasionalisme kepada para para siswa.”Tumpeng kan merupakan budaya warga Indonesia. Harapan kami, dengan berbagai kegiatan ini, khususnya lomba tumpeng, rasa nasionalisme anak-anak semakin kuat. Karena merekalah generasi penerus bangsa,” sambung Fammi Yusdianto, Wakasek Humas.

Semua tumpeng yang diikutkan dalam lomba ini langsung dibawa ke halaman sekolah setelah melalui penilaian oleh para juri. Termasuk tumpeng juara, semua dibawa ke halaman sekolah.
Kemudian, semua tumpeng dimakan beramai-ramai oleh para siswa dan guru. Terhitung ada 355 siswa di sekolah ini. Mereka terlihat sangat senang ketika bersama-sama menyantap tumpeng di halaman sekolah. Meski hanya duduk lesehan di lantai, ratusan siswa dan guru tampak sangat menikmati acara makan tumpeng bersama ini.