Mugaru Fest 2K18 Tingkat SD Dimulai

Jurnalis Mugaru/ Januari 21, 2019/ Berita

Sebanyak 200 peserta tingkat sekolah dasar dari sekolah sekolah dasar se-Kecamatan Waru dan sekitarnya telah datang di SMP Muhammadiyah 3 Waru. Sabtu, 12 Januari 2019 adalah hari pertama lomba tingkat SD dalam ajang Mugaru Fest 2018. Kompetisi yang diklaim menjadi kompetisi terbesar yang diadakan oleh SMP Muhammadiyah 3 Waru ini memang mengundang perhatian banyak kalangan, baik kalangan internal sekolah maupun kalangan eksternal sekolah.

Pada hari itu (Sabtu, 12 Januari 2019) ada 2 perlombaan yang akan dilaksanakan yaitu Lomba Tahfidz Qur’an dan Bulu tangkis ganda putra/putri. Lomba tahfidz ini diikuti siswa SD mulai dari siswa kelas 4 hingga kelas 6, diluar prediksi panitia untuk lomba ini ternyata memiliki cukup banyak pesertanya, bahkan ada beberapa siswa yang merupakan perwakilan dari sekolah negeri. Disisi lain yang berada di Graha Kencana Balai Desa Kureksari yang mana merupakan venue dari lomba Bulu Tangkis juga tidak kalah ramai bahkan cukup membeludak, tempat yang dipakai siswa mugaru untuk ekstrakurikuler bulu Tangkis ini mendadak melebihi jumlah biasanya, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat para peserta lombanya.

Di hari berikutnya adalah hari kedua bagi para peserta lomba Mugaru Fest 2018 dimana akan diadakan Lomba Melukis dan Lomba Presenter sekaligus. Jumlah peserta lomba melukis ini-pun cukup banyak dan yang bikin kagum para juri adalah lukisan anak-anak SD ini sungguh kreatif dan bagus. Dewan juri awalnya dibuat kebingungan dalam penilaian namun ada beberapa peserta yang mampu memberikan lukisan yang unik dengan menyisipkan beberapa elemen yang mengadung unsur tentang SMP Mugaru dan acara Mugaru Fest 2018 hal itu memberikan penilaian lebih dari para Juri.

Berbeda halnya dengan lomba lainya Lomba ini adalah lomba yang paling banyak memiliki peserta yaitu Lomba Presenter, Kompetisi ini ternyata baru menurut mereka, apalagi penyelenggara adalah instansi sekolah bukan instansi dari pertelevisian ataupun perusahaan, tentunya ini menjadi menarik bagi mereka, tidak ada beban untuk menang atau kalah, mereka ingin pengalaman tentang dunia penyiaran terutama di bidang baca berita atau news anchor ini. Total ada 60 peserta dari siswa sekolah dasar sekecamatan Waru dan sekitarnya mulai dari siswa kelas 4 hingga siswa kelas 6.

Poin tambahnya di kompetisi ini adalah siswa atau calon peserta lomba dibekali terlebih dahulu ilmu membaca berita atau news anchor dari orang yang profesional, SMP Muhammadiyah 3 Waru mendatangkan seorang presenter TV dari stasiun TV swasta yaitu Gresia Sumardi. Di usia yang masih terbilang muda kak Gres sapaan akrab Gresia sudah sering membawakan acara-acara televisi baik di indoor maupun outdoor, dan juga sering memberi pelatihan dan penjurian dalam suatu event yang persis diadakan  oleh SMP Mugaru.

Dan akhirnya keluarlah beberapa Juara dalam kompetisi ini mereka adalah perwakilan dari SD Muhammadiyah 1 Waru, SD Muhammadiyah 2 Waru, SD Negeri Waru 2, SD Negeri Pabean 2, dan SD Negeri Pepelegi 1 untuk semua kategori lomba yang dilaksanakan. “Selamat bagi para pemenang, tetap rendah hati dan terus berkarya, bagi yang belum beruntung jangan berkecil hati, masih ada kesempatan lagi di tahun ini.” kata Pak Fammi selaku ketua panitia Mugaru Fest 2018.