Peringatan Tahun Baru Islam 1440 H

Jurnalis Mugaru/ September 12, 2018/ Berita

SMP Muhammadiyah 3 Waru memperingati Tahun Baru Islam 1440 H pada hari Senin, 10 September 2018. Pada hari itu SMP Mugaru sebutan SMP Muhammadiyah 3 Waru mengadakan beberapa agenda kegiatan untuk memperingati hari spesial umat muslim tersebut. Dengan mengusung tema “Hati bersih masa depan berseri” SMP Mugaru ingin mengajak siswanya di tahun baru ini menjadi pribadi yang lebih baik dari tahun sebelumnya dimulai dengan hati yang bersih.

Dari hal tersebut diambilah kegiatan yang islami dan mencerminkan hati yang bersih diantaranya:

  1. Lomba Pawai Berbudi
  2. Lomba Poster Islami
  3. Lomba Paduan Suara Islami
  4. Lomba Tahfidz Qur’an

Lomba pawai berbudi adalah siswa berkeliling di desa sekitar SMP Mugaru dengan tertib dan menyanyikan yel-yel berisi ajakan kebaikan dan hal-hal positif lainya. Para peserta tertib di jalan tanpa menganggu pengguna jalan lainya. Selain itu para peserta juga membawa poster islami yang mana tema dari poster tersebut memiliki pesan tentang rasa bersyukur kepada Allah swt atas prestasi Indonesia dalam ajang Asian Games 2018 dan rasa ibah kepada saudara yang sedang tertimpa musibah gempa di Lombok. 

Pawai dan poster ini merupakan kegiatan yang selain memperingati tahun baru Islam 1440 hijriyah namun juga ajakan agar kita tetap bersyukur atas apa yang di dapat dan tetap tabah atas apa yang diujikan oleh Allah swt dan tetap hidup rukun saling tolong menolong sesama manusia.

Disamping itu ada Lomba Padus Islami yang tak kalah menarik bahkan ini adalah Lomba yang paling ditunggu-tunggu oleh siswa mugaru, ya selain ini adalah lomba menyanyi lagu mars Muhamamdiyah mereka juga diberi kesempatan menyanyikan lagu islami bebas. Dan sudah bisa ditebak oleh tim Takmir Masjid Darul Ilmi yang bertindak sebagai panitia PHBI ini banyak peserta yang akan menyanyikan lagu dari grup Sabyan Gambus yaitu “Ya Maulana”. “Pasti banyak yang pakai lagunya Sabyan.” kata Farah saat proses technical meeting.

Dari lomba-lomba diatas keluarlah beberapa pemenang atas nama kelompok/kelas dan individu diantaranya adalah:

  1. Juara 1 Lomba Pawai kelas 8a dengan Skor 675
  2. Juara 2 Lomba Pawai kelas 7b dengan Skor 655
  3. Juara 1 Lomba Poster kelas 8e dengan Skor 635 atas nama Tania
  4. Juara 2 Lomba Poster kelas 7b dengan Skor 620 atas nama Kayla
  5. Juara 1 Lomba Padus Islami kelas 7b dengan Skor 615
  6. Juara 2 Lomba Padus Islami kelas 7d dengan Skor 575
  7. Juara 1 Lomba Tahfidz Qur’an kelas 8d dengan Skor 96 atas nama Zizou
  8. Juara 2 Lomba Tahfidz Qur’an kelas 9c dengan Skor 94 atas nama Aida

Meski dalam kegiatan tersebut banyak sekali yang penampilannya bagus dan membuat hampir semua juri pusing namun akhirnya muncullah jumlah skor dari semua juri dan menjadikan mereka diatas menjadi para jawara. “Semua Juri adalah orang yang kompeten dibidangnya dan Juri juga bukan Panitia apalagi Wali Kelas, jadi ini benar-benar objektif penilaianya.”terang Pak Ali saat ditanya Wartawan Radar Sidoarjo dan Jawapos ini.