Sidoarjo Education Expo (SIEDEX) 2018

Jurnalis Mugaru/ Januari 28, 2019/ Berita

Pada kali ini SMP Muhammadiyah 3 Waru memiliki kesempatan untuk mengikuti kegiatan pameran pendidikan di lingkungan dinas pendidikan sidoarjo. Bersama 100 stan lembaga pendidikan lainya yang ada di Sidoarjo turut serta meramaikan pameran yang digelar di pelataran Parkir Transmart Sidoarjo ini.

Pameran ini, merupakan kegiatan tahunan yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo. Kegiatan tersebut, dibuka langsung oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Bupati mengatakan, pendidikan tidak cukup dilakukan di dalam kelas. Tetapi, perlu ruang ekspresi yang luas. Sehingga, mampu memacu anak didik dan tenaga pendidik untuk menuangkan kreasi dan inovasi. dikutip dari laman Jurnaljatim.com bapak Bupati juga bertutur bahwa Pemda mendukung sepenuhnya, atas terselenggaranya pameran ini. Dijelaskannya, saat ini telah masuk era teknologi komunikasi dan informasi yang modern. Hal itu, bisa membawa persoalan bagi perkembangan anak. Apalagi, adanya pengaruh budaya asing yang mudah masuk dan diserap anak.“Baik budaya asing yang positif maupun negatif, anak-anak cenderung terkontaminasi. Hal itu, dapat dilihat dalam kesehariannya,” ungkapnya. Oleh sebab itu, diharapkan semua pihak bisa menanamkan budaya yang positif. Dengan begitu, mereka dapat terlindungi dari budaya asing yang sifatnya negatif, yang tidak sesuai dengan nilai budaya bangsa Indonesia. 

Pada pameran pendidikan ini SMP Muhammadiyah 3 Waru bukanlah satu-satunya lembaga pendidikan Muhammadiyah di Sidoarjo yang mengikuti SIEDEX 2018 ini. Sekolah SMP Muhammadiyah se-MKKS Sidoarjo turut serta juga dalam kegiatan ini, kegiatan yang diselenggarakan selama 4 hari ini cukup ramai tiap harinya, di Stan MKKS Muhammadiyah Sidoarjo-pun tak luput dari kunjungan masyarakat yang ingin melihat-lihat keunggulan sekolah-sekolah yang ada di SIEDEX ini. Khusus di stan SMP Muhammadiyah 3 Waru ini kita banyak menerima kunjungan dari siswa-siswa sekolah dasar yang ingin tahu lebih banyak tentang sekolah-sekolah Muhammadiyah, pada saat siswa-siswa sekolah dasar tersebut berkunjung para presenter muda milik SMP Mugaru mencoba mengajukan beberapa pertanyaan dan memberi tantangan bagi para pengunjung. Hasilnya mereka merasa sangat terhibur dan terlihat kagum melihat keberanian dan kepercayaan diri siswa-siswi SMP Muhammadiyah 3 Waru ini saat menanyai mereka dan menjelaskan tentang SMP Muhammadiyah 3 Waru ini.

Kegiatan ini-pun tak hanya menambah pengetahuan siswa SMP Mugaru yang turut serta kesana melainkan juga menambah pengalaman mereka memandu sebuah acara, bagaimana tidak karena SMP Muhammadiyah 3 Waru adalah satu-satunya sekolah yang mampu membuat suasana stan disana terlihat hidup dengan mengajak mereka (para penjaga stan) bersenam bersama dan kegiatan lainya yang tidak membosankan. “Awalnya itu sangat sepi ya karena masih pagi belum banyak pengunjung, terus pada diem-dieman tidak saling sapa. Akhirnya kita punya inisiatif untuk ngajak teman-teman yang jaga stan itu bergerak bersama mumpung mash sepi dan biar ga boring juga, ternyata banyak yang suka.” terang Fariel salah satu siswa perwakilan dari SMP Muhammadiyah 3 Waru.