Workshop KTSP Berkarakter

Jurnalis Mugaru/ November 14, 2011/ Berita/ 0 comments

Pendidikan Karakter sudah menjadi agenda central pendidikan Nasional. SMP Muhammadiyah 3 Waru menggelar kegiatan Workshop Singkronisasi KTSP Karakter pada hari Sabtu,12 Nopember 2011 di Gedung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur dengan dipandu langsung oleh Kepala SMP Muh.3 Waru Ainun Nadlif, M.Pd.I hadir sebagai Nara Sumber Dr.Syamsul Shodiq, M.Pd (Dosen Unesa Surabaya dan Staff Ahli Depdiknas Pusat, Jakarta) dan Dr. Musfiqon,M.Pd (Dekan Fakultas Tarbiyah Univ. Muhammadiyah Sidoarjo dan Dosen Widya Iswara Pusat).

Pada kesempatan workshop tersebut, Dr. Syamsul mengatakan bahwa, Kurikulum berkarakter adalah kurikulum pembelajaran yang didalamnya terselipkan unsur-unsur karakter. ada 80 jenis karakter yang dapat dimasukkan kedalam tiap mata pelajaran, namun yang bisa dan cocok diimplementasikan pada usia SD-SMP hanya 30 jenis karakter saja. Penting untuk diingat bahwa, usia SD-SMP seyogyanya lebih dominan kegiatan belajar mengajar bersifat pembentukan karakter bukan akademik ansich.

Senada dengan pandangan Dr. Syamsul Shodiq, Nara Sumber kedua; Dr.Musfiqon, M.Pd menegaskan bahwa, Pendidikan Karakter merupakan split curriculum (kurikulum sisipan) yang bisa disisipkan oleh para guru dalam menyusun Silabus dan RPP di setiap kegiatan belajar mengajar. ia (karakter) bukan mata pelajaran tersendiri dan terpisah dari materi pembelajaran yang ada. karena itu menurut Dr. Musfiqon Sekolah harus merumuskan tentang Grand Karakter yang diinginkan dengan capaian terukur dan dispakati oleh semua komponen yang ada di Sekolah “Stakeholders”.

Leave a Comment