Workshop News Anchor untuk siswa SD

Jurnalis Mugaru/ Januari 15, 2019/ Berita

Mugaru Fest 2K18 tingkat SD yang dilaksanakan pada tanggal 12 – 13 Januari 2019 ini cukup menyedot perhatian siswa-siswa SD di wilayah kecamatan Waru dan sekitarnya, partisipan dari berbagai sekolah dasar ini cukup bagus, bahkan ada yang mendaftarkan diri lewat jalur pribadi tanpa melalui sekolah asalnya, ada pula yang mendaftarkan diri untuk 2 kompetisi sekaligus. Namun diantara kompetisi-kompetisi yang digelar kompetisi baca berita atau News Anchor-lah yang paling diminati.

Kompetisi ini ternyata baru menurut mereka, apalagi penyelenggara adalah instansi sekolah bukan instansi dari pertelevisian ataupun perusahaan, tentunya ini menjadi menarik bagi mereka, tidak ada beban untuk menang atau kalah, mereka ingin pengalaman tentang dunia penyiaran terutama di bidang baca berita atau news anchor ini. Total ada 60 peserta dari siswa sekolah dasar sekecamatan Waru dan sekitarnya mulai dari siswa kelas 4 hingga siswa kelas 6.

Poin tambahnya di kompetisi ini adalah siswa atau calon peserta lomba dibekali terlebih dahulu ilmu membaca berita atau news anchor dari orang yang profesional, SMP Muhammadiyah 3 Waru mendatangkan seorang presenter TV dari stasiun TV swasta yaitu Gresia Sumardi. Di usia yang masih terbilang muda kak Gres sapaan akrab Gresia sudah sering membawakan acara-acara televisi baik di indoor maupun outdoor, dan juga sering memberi pelatihan dan penjurian dalam suatu event yang persis diadakan  oleh SMP Mugaru.

Dengan penampilan yang menarik dan suara khas presenter TV, kak Gres mampu memukau para peserta news anchor cilik ini, para peserta begitu terlihat semangat dan terpukau melihat kak Gres memberikan contoh ketika dia membawakan suatu acara, tak lupa kak Gres juga memberikan beberapa materi dan tips trik dalam membawakan sebuah berita. “Kita harus tahu berita macam apa yang akan kita sampaikan, apakah berita bahagia, bencana, atau yang lainya. Nada suara dan mimik wajah kita bisa mempengarui perhatian pemirsa.” Jelas kak Gres saat memberikan pelatihan kepada para news anchor cilik ini.

Disamping itu kak Gres sangat senang sekali melihat antusias anak-anak dari SD dan SMP mengikuti pelatihan yang ia berikan, menurut dia sangat jarang ada workshop baca perita atau seputar presenter di tingkat SD dan SMP, dan Mugaru ini keren sekali bisa mengadakan untuk pertama kali dan jumlah pesertanya banyak.